Daniel Sahuleka dan Soundtrack Kamera Dea

“Ini buat Oom Daniel …”
“Untuk aku ?”
“Iya …”
“Terima kasih …”

Sebentar kemudian, panitia konser “Indonesia Sekali Lagi” datang menghalau, “Sesi tanda tangan nanti ada sendiri,” katanya seraya meraih Salamatahari #2 dari tangan Daniel Sahuleka. Daniel Sahuleka mendekapnya, “Ini untuk aku,” katanya. “Iya, saya bukan minta tanda tangan, kok, saya ngasih buku,” kata Dea kepada sang panitia.


Kepada Oom Daniel, sebetulnya Dea ingin bercerita sedikit tentang “This One Is Untitled”, salah satu kisah dalam Salamatahari #2 (halaman 25-26). Di sana lagu Oom Daniel, You Make My World So Colorful menjadi soundtrack. Lagu itu muncul ketika Dea berpisah secara sentimentil dengan kamera pertama Dea. Setelah membaca teks lengkapnya, Dea mendapati bahwa beberapa bagian dalam teks tersebut memang tepat didedikasikan untuk Si Kamera,

You so far away in your sleep
Who can tell what dream you may dream
You make my world so colorful, I never had it so good
My love, I thank you for all the love, you gave to me …

Setelah kamera pertama Dea pulang ke haribaan Canon Center, Dea mendapat kamera baru. Meski cukup menyayangi kamera tersebut, ikatan antara Dea dan Si Kamera ke dua tak begitu kuat ; hanya sebatas rekan kerja. Setelah sekitar dua tahun bekerja sama, sekitar sebulan yang lalu kamera ke dua Dea menghembuskan nafas terakhirnya. 

Baru sehari sebelum datang ke konser Oom Daniel, Dea menukar tambah kamera ke dua Dea dengan kamera lainnya. Warnanya merah. Meski tak terlalu menyukai warna merah, entah mengapa Dea jatuh cinta pada kamera mungil yang lebih mirip kamera mainan ini. Ketika dijemput, dengan berani dan ceria ia seperti menyapa, “Halo Dea, nama aku Chilli !”

Keesokan harinya, Chilli langsung Dea ajak menghadiri konser “Indonesia Sekali Lagi”. Obyek yang dia tangkap pada hari pertamanya bekerja adalah Oom Daniel Sahuleka, seseorang yang lagunya punya makna tersendiri untuk Dea dan kakak sulungnya.

Chilli
Kata orang, Chilli bukan jenis kamera yang cukup kuat. Seharusnya Dea menukar tambah kamera ke dua Dea dengan kamera lain yang kulitasnya lebih baik. Tapi Dea menyayangi Chilli karena alasan yang sentimentil. Dan sekali lagi, potongan lirik You Make My World So Colorful mewakili perasaan sentimentil Dea terhadap kamera,

Though they said that I was wrong
But thank God my will so strong
I got you in the palm of my hand ;)

Oom Daniel Sahuleka, sayang sekali Dea tidak sempat mengucapkan terima kasih banyak …

Sundea

2 comments:

M. Lim mengatakan...

Ah! kamera Dea yang baru sepupuan sama kameraku :) warnanya sama2 merah. tapi punyaku sudah lebih tua, tahun 2006. dan dia juga lebih panjang :)
Alhamdulillah sampai sekarang masih hidup. tapi kayaknya tahun depan dia harus mulai sedikit-sedikit serah terima jabatan dengan kamera yang lebih muda dan segar.

Sundea mengatakan...

Wah .... sebelum serah terima, kayaknya kamera kita musti saling kenalan dulu, Mir ...