Kisah Dua Tomat

Belakangan ini Oom Tomo, Oom Dea, lagi hobi banget nge-reiki (kalo nggak salah semacem pengembangan energi dalem diri manusia. Biasanya dipake untuk tujuan baik, misalnya nyembuhin orang lain). Untuk latihan, dia bikin percobaan sama dua buah tomat : yang satu dia reiki, yang satu lagi enggak.

And then … it worked. Tomat yang dia alirin energi tampak seger buger lebih lama, sementara yang enggak sebentar aja udah jadi kisut dan lembek.

Oom Tomo nunjukin hasil percobaannya ke orang-orang rumah. Dan orang-orang rumah jadi semakin percaya reiki bisa bikin sesuatu jadi lebih baik. Setelah itu kedua tomat itu dibiarin berdamping-dampingan di meja Oom Tomo.

Pada suatu hari, pas lewat di meja kerja Oom Tomo, Dea ngamatin kedua tomat itu. Tampak si tomat kisut lagi ngamatin tomat seger dengan penuh iri dan dengki. Dea terkesiap. Iya, ya, pasti nggak gampang buat tomat kisut untuk nerima keadaan.
Setiap hari dia harus ngeliat temennya dikasih perhatian, dikasih energi dan kasih sayang, sementara dia sendiri didiemin begitu aja. Pasti nggak gampang untuk idup berdampingan sama si tomat seger buger. Kemungkinan besar si tomat kisut berpikir, “Aku dan dia sama-sama tomat. Dari pasar yang sama. Disimpen di kulkas yang sama. Tapi kenapa aku yang dipilih untuk nggak direiki?” Dea yakin keadaan itu mempercepat kekisutannya.

Dea jadi mikir. Sebenernya bisa, nggak, ya, Oom Tomo ngereiki satu tomat dan nggak usah bawa-bawa tomat lain? Ternyata nggak mungkin bisa. Untuk tau seberapa besarnya pengaruh reiki itu, dia harus punya tomat lain sebagai pembanding.

Tau2 Dea, kok, jadi sedih, ya? Di setiap hal yang kita anggep baik, sebenernya ada hal yang harus kita anggep nggak baik yang ngebayang. Ketidakbaikan itu ternyata menafasi kebaikan, karena tanpa ketidakbaikan, konsep baik sendiri nggak akan pernah ada.

Cuman untuk hal yang harus berdiri sebagai ketidakbaikan itu,
Kenapa harus mereka yang dipilih untuk berdiri di sana ?

2 comments:

blueismycolour mengatakan...

wow...
nice one dea!
Tulisanmu memang sell menginspirasi!

kamu tak pernah tau artinya putih tanpa adanya hitam, rite!! ^^

rabu kmrn tobucil rame lho!! =b

Sundea mengatakan...

Iya, denger gosipnya dari Theo. Katanya madfalnya lagi rame memang ... hehehe ...

Makasih, ya, Li ...