Layka dan Bulan

layka


The moon-cradle`s rocking and rocking

Where a cloud and a cloud go by

Silently rocking and rocking

The moon-cradle out in the sky …*





Bulan di atas langit Dago ketutup awan. “Bulannya lagi nyari ibu !” celetuk Layka, anak perempuan Mbak Herra Pahlasari yang masih balita. Kenapa nyari ibu ? Cuma Layka yang tau persis alesannya.

Nggak lama kemudian, malah Layka sendiri yang nyari ibunya. Dia yang udah mulai ngantuk minta digendong dan didekap pake karembong. Malem itu Mbak Herra jadi seperti pohon kokoh di belakang rumah, karembong seperti hemmock, dan Layka seperti pekerja yang sedang menikmati hari liburnya.

… how a hundred rivers are flowing

between herself and her child *

Bulan di atas langit Dago nggak keliatan lagi. “Bulannya abis !” celetuk Layka. Dia sendiri mulai keabisan tenaga juga. Dengan nyaman dia nyandar di bahu Mbak Herra, nitipin sepanjang harinya di situ.

Karena Layka yang terkantuk-kantuk keliatan nggemesin banget, orang-orang gede nocturnal di sekitar dia jadi nggak tahan untuk nggak ngegangguin. Layka marah-marah, berusaha ngehalau temen-temen mamanya yang ngerubung dia seperti semut ngerubung permen.

“Eh, Layka, kalo mau ngomongin bulan, ngomongnya sama Tante Dea, deh,” kata Mbak Herra. “Iya, bulannya kan nggak keliatan karena disimpen sama Tante Dea di kantongnya,” timpal Mbak Tarlen. Layka yang tadinya nyureng tampak melunak. Dea yang ngerasa punya kesempatan untuk terlibat di permainan langsung bisik-bisik ke Layka, “Iya, Lay, bulannya aku simpen di sini biar bisa bobo. Kalo nggak dia kesilauan.” Layka ngeliatin kantong Dea dengan curious. Keliatannya dia bener-bener percaya kalo bulan ada di sana.

Dea nimang-nimang isi kantong Dea seperti Mbak Herra nimang Layka. Abis itu, sambil ngedeketin kantong jaket ke Layka, Dea bisik-bisik, “Lay, sebelum bulannya kubawa pulang, kamu mau ngucapin selamat tidur, nggak ?” Layka ngangguk. Abis itu dia ngebisikin sesuatu yang nggak tau apa ke kantong Dea.

Seharusnya permainan udahan setelah Dea pulang ninggalin Layka. Tapi enggak, Temen-temen, sepanjang malem itu Dea ngerasa kayak bener-bener ngantongin bulan. Dea ngejaga kantong Dea dengan ati-ati sambil sesekali nyanyiin lagu-lagu tidur yang menyamankan perasaan.

Mungkin bulan memang masuk ke kantong Dea waktu Dea bilang dia ada di situ. Atau mungkin Layka yang ngasih nyawa ke bulan imajiner waktu ngebisikin selamat tidur. Dea nggak tau pasti. Perasaan itu Dea nikmatin aja sepenuh-penuhnya sementara logikanya Dea biarin tetep misteri.

Let your thoughts be on Night the Herder.

And be quiet for a space.*

Temen-temen, hari itu tanggal 1 Mei.

Rasanya menyenangkan ngawalin bulan dengan bulan di dalem kantong ^_^ v

*diambil dari lirik lagu Moon Cradle – Lorena McKennitt

Buat Mbak Herra dan Layka yang seperti Bu Land dan bulan kecil.


mbaheradanlayka








Mbak Hera dan Layka

12 comments:

andika mengatakan...

Kirain ini tentang Laika, anjing yang dikirim ke ruang angkasa.

Jadi bulan perlu istirahat karena bakal kesilauan kalau memantulkan cahaya matahari non-stop?

Bubu mengatakan...

so sweeeeettt....ketika diakhiri bulan itu rasanya bener2 di kantong...rasanya seneng banget ya...huuhuhuhuhuhu

mbak sundea, maafkan bubu dan layka ya, gak sempet aja kirim foto, kemarin-kemarin kita dapet musibah...

hugs!

Nia mengatakan...

Coba di-cek lagi, De. Siapa tahu bulannya kabur di tengah malam.

Sundea mengatakan...

@ Andika : Kok bisa deket, ya? Kata Mas Ami, dalem bahasa Arab "Layka" berarti "malammu".

Setiap hal butuh istirahat, Dik, gimanapun caranya ...

@ Mbak Herra : Gpp, Mba ... aku juga minta maaf udah berinisiatif mencopet.

Dea udah denger cerita musibah2nya dari masyarakat setempat. Turut prihatin, ya ... moga2 cerita ini bisa ngehibur ...
(hugs tightly ))

@ Nia : Iya, kabur ke kantong gue ... hehehe ...

Begy mengatakan...

oh. my. god.

(you're probably bored to hear this) but seriously that is so sweet!!!

Sundea mengatakan...

Makasih, ya, Begy ...

I just reflected back things around me. Peristiwanya itu sendiri emang udah manis tanpa pemanis buatan ... hehehe ...

mikoalonso.blogspot.com mengatakan...

hehe... lucu lucu... adik2nya ya.. salamin dari miko ya...

Sundea mengatakan...

Layka emang lucu. Kalo ketemu langsung, Miko pasti gemes banget sama dia.

Layka bukan adiknya Dea. Dia anak temen Dea, jadi ... ponakan, deh ... hehehe ...

Sipsip ... entar disalamin.

^mariaannayovita^ mengatakan...

bagussss ^^
suka sekaliiiiiii...
oiya, aku pinjam namamu di postingan aku yg terakhir yah de ^^

Sundea mengatakan...

Waaa ... makasih, ya, Viiie ...

Makasih juga buat "peminjeman"-nya. Kamu boleh pinjem kapanpun, kok ... hehehe ...

e.wijayanti mengatakan...

Layka sayang, besok-besok kalau bulannya muncul hanya separuh, berarti yang separuhnya sudah dimaem tante Dea...:)

Sundea mengatakan...

Kalo enak, sih, kenapa enggak, Mbak ? Hehehe ...